Sabtu, 08 November 2008

Uji Coba Tak Terprogram

Persiapan tim nasional (timnas) senior Indonesia ke turnamen Grand Royal Challenge di Myanmar benar-benar amburadul. Sudah pemainnya baru komplet pada hari keempat latihan, beberapa di antaranya justru dihantam cedera. Selain itu, program latihan skuad Merah Putih terkesan tak terprogram dengan baik.

Apa yang terjadi kemarin sore (7/11) menjadi bukti. Timnas tiba-tiba saja melakukan laga uji coba. Padahal, sebelumnya tidak terdengar kabar Pasukan Garuda (julukan timnas Indonesia) bakal melakoni uji coba jelang bertolak ke Myanmar. "Saya sendiri juga tidak tahu. Tiba-tiba tadi pagi (kemarin pagi, Red) Pak Rahim (Rahim Soekasah, ketua Badan Tim Nasional/BTN, Red) mengajak kami beruji coba," terang Benny Dolo, pelatih timnas.

Bendol (sapaan akrab Benny Dolo) ternyata menyetujui ajakan tersebut. Menurut dia, laga itu cukup bagus untuk mencoba komposisi pemain. Dikatakan Bendol, kesempatan tersebut sekaligus dimanfaatkan untuk menjaga kondisi pemain. "Apalagi, Lapangan Sawangan kan juga memenuhi standar seperti di Stadion Utama Gelora Bung Karno," kata Bendol.

Jadinya, kemarin sore timnas pun berlatih tanding dengan Pelita Jaya Jawa Barat U-21. Uji coba berlangsung di markas Pelita Jaya di Lapangan Sawangan, Bogor, Jawa Barat. Pada laga tersebut, timnas menang 4-1 dalam waktu pertandingan 3 x 30 menit.

Empat gol timnas dicetak Budi Sudarsono, Musafri, Arif Suyono, dan Aliyudin. Sedangkan gol semata wayang Pelita diceploskan M. Romli.

Bendol mengakui belum sepenuhnya puas dengan kinerja para pemainnya. Meski demikian, mantan pelatih Persita Tangerang itu memberikan apresiasi khusus untuk Musafri dan Aliyudin. Apalagi, timnas saat ini mengalami krisis striker. Hal itu seiring dengan masih cederanya Boaz Solossa dan Bambang Pamungkas.

Si Ular Piton, julukan Budi Sudarsono, juga tidak bisa diandalkan karena sedang dihukum komdis. "Kami terpaksa tidak membawa Budi mengingat sanksi komdis. Karena itu, saya cukup lega dengan apa yang ditampilkan Musafri dan Aliyudin," papar Bendol. (fim/ko)

(jawapos)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda